Makanan Baik untuk Ibu Hamil ala Nabi


Kehamilan merupakan salah satu anugerah dari Allah yang di khususkan untuk perempuan. Moment kehamilan adalah moment yang sangat ditunggu-tunggu sebagian besar para pasangan suami-istri. Setiap pasangan orang tua tentunya mengharapkan kelahiran anak dengan selamat dan tidak kurang satu apapun. Oleh karena itu, pentingnya menjaga kesehatan dan makanan saat hamil sangat berpengaruh pada perkembangan janin di rahim. 

Sebagai panutan yang telah banyak memberikan contoh dan anjuran-anjuran yang sangat berguna bagi umatnya. Rasulullah saw, juga memberikan anjuran makanan yang baik dikonsumsi untuk ibu yang sedang hamil

Berikut beberapa makanan yang baik untuk ibu hamil ala Rasulullah Saw :

1. Buah Kurma
Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil ala Nabi
Buah Kurma 
Kurma merupakan jenis tanaman buah yang bisa dimakan saat sudah matang atau pun saat masih mentah. Khasiat mengkonsumsi buah kurma bagi kesehatan sudah terbukti sejak jaman nabi dahulu. 

Imam Ali bin Abi Thalib berkata:
“Tidak ada makanan dan obat yang dimakan oleh perempuan yang sedang hamil lebih utama dari buah kurma yang segar (rathab), karena Allah azza wa jalla berfirman kepada Siti Maryam:

"Goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu, maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu" (QS. Maryam: 25-26). 

"Diceritakan oleh Jumaah bin Abdullah yang disampaikan oleh Marwan yang mendapat berita daripada Ibnu Hashim bahawa Amir bin Saad mendengar bapaknya meriwayatkan Rasulullah Sallallahu alaihi Wasallam bersabda : "Barangsiapa yang makan 7 biji tamar ajwah dia akan terkawal daripada kejutan syaitan dan sihir pada hari itu".

Hadits ini bersumber dari Imam Ja’far Ash-Shadiq. (Mustadrak Al-Wasail 2: 619, hadits ke 3)

2. Luban

Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil ala Nabi
Luban
Luban atau yang biasa dikenal dengan kemenyan Arab, merupakan sejenis getah atau damar yang keluar melalui rekahan pokok yang banyak terdapat di kawasan-kawasan beriklim panas seperti di Oman, Yaman, Syria, Mesir, India, Sri Lanka dan sebagainya.luban juga disebut sebagai Frankincense.

Rasulullah saw bersabda:
“Berilah makanan dari Luban isterimu yang sedang hamil, karena jika bayimu dalam perut ibunya diberi makanan dari Luban ia dapat menambah kecerdasan akalnya. Jika ia laki-laki akan menjadi orang yang pemberani, dan jika perempuan pinggulnya akan besar sehingga kelak menjadi bagian yang baik bagi suaminya.” Hadis ini bersumber dari Sufyan Ats-Tsauri dari Abu Ziyad dai Imam Hasan bin Ali. (Al-Wasail 15: 136, hadits ke 1).

3. Buah Pir

Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil ala Nabi
Buah Pir
Buah Pir adalah buah yang  mengandung banyak air yang manis, vitamin, dan tinggi serat. Buah pir dapat dimakan langsung dengan kulit dan dagingnya buah pir juga merupakan sumber vitamin C dan vitamin E, kedua antioksidan kuat dan nutrisi penting untuk tubuh.

Rasulullah SAW bersabda "Makanlah buah pir karena buah itu dapat membuat terang penglihatan dan menumbuhkan rasa cinta di hati. Dan berikanlah buah ini kepada ibu yang sedang mengandung karena dapat mempercantik anak kalian"

4. Kelapa



Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil ala Nabi
Buah Kelapa


Buah kelapa adalah buah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan air kelapa yang terasa sangat segar dan bermanfaat untuk meningkatkan energi serta dapat mengembalikan ion tubuh. 

Rasulullah saw bersabda:
“Berilah makanan istrimu yang sedang hamil buah kelapa, karena ia dapat menjadi sebab anakmu berakhlak baik.” Hadits ini bersumber dari Sayyid Ar-Rawandi (Mustadrak Al-Wasail 2: 619, hadis ke-2)


5. Semangka

Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil ala Nabi
Buah Semangka
Semangka merupakan buah yang kaya akan nutrisi seperti karbohidrat, energi, lemak, serat pangan, gula, protein dan air. Manfaat dari mengkonsumi buah semangka pada ibu hamil dapat mengurangi rasa mual, menambah cairan tubuh, mencegah kram otot, mengurangi resiko presclampsia pada ibu hamil serta bisa menjadi sumber nutrisi khususnya pada otak, penglihatan, otot dan sistem imunitas dan syaraf pada bayi yang sedang di kandung. 

Rasulullah saw bersabda:“Tidak ada seorang perempuan hamil yang makan buah semangka, kecuali anak yang dilahirkan olehnya wajah dan fisiknya bagus.” (Hadits ini bersumber dari Abul Abbas Al-Mustaghfiri dalam kitab Thibbun Nabi dikutip oleh Mustadrak Al-Wasail 2: 619)

Itulah beberapa makanan yang dianjurkan oleh Nabi untuk di konsumsi oleh ibu hamil. Akan tetapi alangkah baiknya apabila mengkonsumsi dalam batasan sewajarnya saja dan tidak berlebihan. Karena sesuatu yang berlebihan tetapi tidak baik dilakukan. Niatkanlah hal yang baik ketika mengkonsumsi makanan tersebut dan jangan lupa membaca bismillah ya bunda. :)



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »